Arsip Blog

Kamis, 11 November 2010

Tips Agar Mobil Hemat Bahan Bakar


Berkendara merupkan kebutuhan hidup bagi kebanyakan warga metropolis. Semakin meningkatnya kebutuhan hidup serta masih tingginya harga bahan bakar, memotivasi banyak orang untuk mencari langkah-langkah cerdas untuk menghemat biaya kendaraan. Berikut tipsnya:
1. Usahakan menggunakan mobil bermesin empat silinder daripada V6 dan V8. Karena mobil berukuran kecil cenderung lebih hemat bahan bakar daripada mobil berukuran besar.
2. Jangan menunggu
Jangan biarkan mesin mobil dalam kondisi berhenti untuk hidup terlalu lama. Setelah menghidupkan mobil pada pagi hari, lebih baik mobil dikendarai daripada membiarkannya menghangat di tempatnya.
3. Tenang
Berkendaralah dengan tenang dan pelan-pelan. Hindari mengendarai dengan kecepatan tinggi serta menggunakan banyak rem. Kendarailah mobil dengan kecepatan sedang. Jika ingin menambah kecepatan, jangan turunkan kecepatan awal. Pertahankanlah kecepatan tersebut dengan kecepatan tetap pada roda gigi bagian atas.
4. Jangan memaksa
Mengendarai mobil di atas kecepatan rata-rata yang menggunakan sekitar 50% kekuatan mesin akan memaksa pergerakan erodinamik. Cobalah untuk tidak memaksa kerja mesin dengan menambah muatan pada mobil. Muatan yang berlebihan akan menghabiskan bahan bakar sampai 5%. Jangan nyalakan AC mobil dengan jendela terbuka karena mengganggu aliran udara dari luar dan menyebabkan mesin bekerja ekstra.
5. Tetap hangat
Mesin akan bekerja tidak efektif dalam keadaan dingin, karena tidak menggunakan sedikitpun bahan bakar. Hal ini akan mempercepat pengotoran emisi dan menyulitkan sewaktu mobil akan dipakai. Hindari menggunakan mobil dengan mesin dalam kondisi dingin.
6. Bahan bakar rutin
Jika mobil anda termasuk yang membutuhkan bahan bakar rutin, usahakanlah untuk tidak membeli bahan bakar jenis premium. Karena semakin menambah kecepatan laju mobil. Banyak mobil yang didesain menggunkan bahan bakar biasa. Jika anda ingin menggunakan bahan bakar premium, konsultasilah dengan dealer apakah mobil anda termasuk yang dapat menggunakan dua jenis bahan bakar tersebut.
7. Membeli pelumas dan bahan bakar
Sesuaikan interval kadar pelumas dengan mobil, dimana rata-rata sebuah mobil yang dikendarai di bawah kondisi normal 7.500 mil. Gantilah pelumas sesudah mobil mencapai jarak tempuh 3.000 mil.
8. Stay tuned
Jarak tempuh mobil menurut EPA berdasarkakn pada well-tuned serta ketahanan mobil tersebut. Menjalankan mobil pada kondisi subpardapat menurunkan resiko. Mesin berdaya tahan buruk cenderung menurunkan jarak tempuh sekitar 10-20%. Mobil bermesin elektronik modern tidak banyak memerlukan tune up, meskipun masih harus melakukan perawatan dengan menurunkan komponen-komponennya secara rutin.
http://www.klipingku.com/2010/11/tips-agar-mobil-hemat-bahan-bakar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar